UNTUK INFORMASI & PEMESANAN HUBUNGI =

Priyanto Triwitono
0857 2904 1007

EMAIL : rengginang007@gmail.com

Whatsapp = 0857 2904 1007

Sabtu, 21 Mei 2011

Berapa Kapasitas Alat Cetak Rengginang INOVASI ini ?

Belum lama ini ada pengusaha rengginang di Semarang yang menanyakan kepada saya "Berapa Kapasitas Alat Cetak Rengginang INOVASI ini" ?. Waktu itu karena belum dilakukan perhitungan yang seksama, maka saya hanya menggunakan data yang sudah dilakukan di UKM Rengginang Lestari - Sleman. Di UKM tersebut, dengan 1 alat cetak mampu mencetak 20 - 40 kg beras ketan per hari.  Jawaban tersebut sebetulnya belum menggambarkan kapasitas alat yang sesungguhnya, karena angka 20 - 40 kg tersebut sesungguhnya adalah beras ketan yang diproduksi per hari oleh UKM Lestari. Lalu kapasitas yang benar bagaimana ?.
Menurut pengertiannya, yang dimaksud Kapasitas Alat adalah kemampuan maksimal dari alat tersebut mampu mengolah bahan dasar atau menghasilkan produk seberapa banyak bila dioperasikan. Perlu ditegaskan disini bahwa Alat Cetak Rengginang INOVASI ini bukan alat pencetak yang bekerja secara automatis sejak dari proses pengisian sampai dihasilkan rengginang cetak. Sekali lagi bukan alat seperti itu. Alat Cetak Rengginang INOVASI ini adalah alat cetak yang bekerja secara manual. Meskipun secara manual tetapi alat ini mampu memperbaiki kelemahan yang ada pada proses pencetakan secara manual dengan tangan biasa.
Secara garis besarnya, proses pencetakan dengan alat cetak rengginang INOVASI ini ada 3 tahap, yaitu a) Tahap pengisian beras ketan kukus ke pola cetakan (butuh waktu 5-10 detik), b) Tahap pengepresan (butuh waktu 3-5 detik, dan c) Tahap pengeluaran rengginang hasil pencetakan (3-5 detik). Ya, memang sangat mudah proses pencetakannya. 
Dari ketiga tahapan tersebut, tahapan yang berhubungan langsung dengan perhitungan kapasitas alat adalah tahap Pengepresan yang hanya butuh waktu sekitar 4 detik setiap kali proses pencetakan. Itu artinya, dalam waktu 1 menit (60 detik) alat ini mampu mencetak 60 : 4= 15 rengginang per menit dan dalam waktu 1 jam (60 menit) alat ini mampu menghasilkan 60 x 15 = 900 buah rengginang per jam. Apabila jam kerja per hari ada 7 jam (jam kerja dimulai jam 8.00 pagi - 16.00 sore, istirahat 1 jam) maka dalam 1 hari alat cetak rengginang INOVASI ini mampu menghasilkan 7 x 900 = 6300 buah rengginang per hari. Kalau diasumsikan setiap Kg beras ketan mampu menghasilkan sekitar 100 rengginang  kecil, maka itu berarti dalam satu hari mampu mengolah rengginang sebanyak 6300 : 100 = 63 kg. Jadi jelas bahwa Kapasitas Maksimum Alat Cetak Rengginang INOVASI ini adalah 63 kg beras ketan / hari / alat .
Untuk mencapai kapasitas alat  maksimum tersebut maka Tahap Pengisian dan Tahap Pengeluaran rengginang dari pola cetakan harus dapat mengimbangi Tahap pengepresan yang hanya sekitar 5 detik saja. Mengingat alat ini bekerja secara manual, maka proses pengisian  beras ketan kukus kedalam pola cetakan harus dapat menjamin  kelancaran tahapan proses pengepresan. Demikian juga pada tahapan proses pengeluaran rengginang hasil pencetakan. Untuk itu pada teknis pelaksanaannnya, di bagian pengisian ini harus > 1 orang pekerja (mungkin sekitar 3 orang) dan pada bagian pengeluaran cukup 1 orang pekerja saja.  Dengan pembagian pekerja sperti itu, maka kapasitas maksimum alat akan dapat tercapai.

0 komentar:

Posting Komentar