UNTUK INFORMASI & PEMESANAN HUBUNGI =

Priyanto Triwitono
0857 2904 1007

EMAIL : rengginang007@gmail.com

Whatsapp = 0857 2904 1007

Rabu, 16 November 2011

Rahasia Agar Rengginang Tidak Lengket Selama Pencetakan

Kita semua tahu bahwa rengginang dibuat dari bahan beras ketan putih atau beras ketan hitam yang dikukus sehingga bersifat lengket. Sifat lengket ini disebabkan karena terjadi pemasakan atau gelatinisasi pati beras ketan yang dikukus. Sifat lengket ini dalam proses pencetakan rengginang cukup mengganggu, sebab beras ketan kukus cenderung lengket di tangan ataupun cenderung menggumpal antara beras ketan yang satu dengan yang lain, sehingga cukup mengganggu selama proses pencetakan rengginang. Lalu, bagaimana solusinya ????
Solusinya adalah dengan AIR. Celupkan tangan anda sebentar sebelum mengambil gumpalan beras ketan kukus. Upaya mencelupkan tangan ke dalam air tsb dimaksudkan untuk membasahi tangan sehingga tidak lengket pada saat melakukan pencetakan rengginang. Tapi ingat jangan terlalu basah tangan anda, sebab jika tangan anda terlalu basah akan berakibat beras ketan menjadi terlalu basah, antar butiran beras ketan yang satu dengan yang lain tidak lengket lagi, dan setelah dicetak menjadi rengginang cenderung mudah retak atau hancur.
Solusi yang kedua yaitu pada bagian alat yang bersentuhan langsung dengan beras ketan kukus dibuat dari bahan sejenis plastik. Dengan bahan tersebut, beras ketan kukus tidak akan lengket lagi pada saat dilakukan proses pencetakan. Berdasarkan alasan-alasan itulah maka pada bagian yang bersentuhan dengan beras ketan kukus dari Alat Pencetak Rengginang INOVASI ini dibuat dari bahan khusus sehingga tidak lengket. Demikianlah rahasia bagaimana menyiasati sifat lengket dari beras ketan kukus pada proses pencetakan rengginang beras ketan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar