UNTUK INFORMASI & PEMESANAN HUBUNGI =

Priyanto Triwitono
0857 2904 1007

EMAIL : rengginang007@gmail.com

Whatsapp = 0857 2904 1007

Rabu, 16 November 2011

Rengginang Muntilan - Kab. Magelang Jawa Tengah

Dalam tulisan saya sebelumnya sudah saya kemukakan bahwa  di berbagai wilayah di Indonesia, ada banyak macam rengginang dengan cara pembuatan yang berbeda-beda. Perbedaan itu terutama dalam hal bumbu yang ditambahkan, variasi bentuk rengginang, dan juga variasi ukurannya. Meskipun demikian, secara umum proses pembuatan rengginang tersebut kurang lebih relatif sama atau serupa. Salah satu daerah produksi Rengginang di Jawa Tengah adalah Muntilan - Kab. Magelang.

Apa Cirikhas Rengginang Muntilan ?
Cirikhas rengginang Muntilan yang dengan mudah dapat kita kenali adalah bentuknya, yaitu berbentuk lingkaran dengan cekungan di bagian tengahnya. Umumnya mempunyai ketebalan bibir cekungan sekitar 5 mm dan  ketebalan rengginang sekitar 1 cm - 1,5 cm tergantung besar kecilnya ukuran rengginang. 

Bagaimana Cara Menghasilkan Bentuk Rengginang Lingkaran Bercekung tersebut ?
Tentu saja dengan alat cetak. Alat cetak yang digunakan umumnya masih sangat  sederhana, yaitu dengan plastik yang dibuat lingkaran dengan diameter tertentu dan alas kayu atau bahan lain yang dibentuk sedemikian rupa untuk menghasilkan cekungan di bagian tengahnya. Umumnya alat cetak yang digunakan lebih dari satu sesuai dengan jumlah pekerja, sehingga setiap pekerja akan menggunakan alat cetak sendiri-sendiri. Keseragaman hasil cetakan yang diperoleh sangat tergantung pada keseragaman alat cetak yang dibuat. Selain itu juga bagaimana tingkat ketrampilan dari masing-masing pekerja. 

Adakah Kelemahan Cara Pencetakan Secara Mannual ini ?
Menurut pengamatan saya, YA..... ada kelemahannya. Besarnya tekanan yang tidak sama yang diberikan oleh masing-masing pekerja selama proses pencetakan rengginang dengan tekanan tangan merupakan kelemahan utama pada proses pencetakan secara manual ini, sehingga berpotensi menghasilkan rengginang goreng yang mudah hancur (tidak kokoh). Belum lagi penggunaan alat cetak yang tidak standard yang jumlahnya lebih dari satu sangat berpotensi menghasilkan bentuk yang tidak standard.

Lalu... bagaimana solusinya ?
Solusinya adalah menggunakan alat cetak yang menjamin dapat memberikan tekanan sama pada setiap hasil cetakan rengginang, tidak peduli dilakukan oleh siapapun pekerjanya, dan seberapa lama pengalamannya. Dengan kata lain, meskipun rengginang ini dicetak oleh pekerja baru sekalipun, akan tetap meghasilkan rengginang dengan kualitas yang sama bila dicetak oleh pekerja yang sudah berpengalaman puluhan tahun. Untuk menjamin keseragaman bentuk rengginang yang dicetak, harus menggunakan mal atau pola cetakan yang sama persis bentuk maupun ukurannya. Dengan cara-cara tersebut, maka keseragaman ukuran dan bentuk serta kekokohan rengginang yang dihasilkan dapat dijamin seragam dan standard.

Adakah alat pencetak rengginang yang dimaksud ?
Tentu saja ada. Alat pencetak rengginang ini didesain untuk mengatasi kelemahan tersebut yaitu kendala pengalaman pekerja dan keseragaman ukuran maupun bentuk rengginang yang dihasilkan. Pengalaman pekerja yang masih rendah umumnya menghasilkan produktivitas yang rendah pula. Hanya dengan pengalaman sajalah pekerja tersebut mampu menghasilkan produktivitas yang tinggi, namun hal ini tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.
Alat pencetak rengginang yang dimaksud adalah Alat Pencetak Rengginang INOVASI. Alat ini cara kerjanya sangat sederhana persis seperti layaknya cara kerja alat penutup botol, sehingga mudah dioperasikan oleh siapa saja, termasuk pekerja baru sekalipun. Alat ini dilengkapi dengan ujung penekan yang tidak lengket pada beras ketan kukus dan dibentuk sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan rengginang dengan bentuk cekungan dan ketebalan bibir cekungan yang seragam. Dengan alat ini, dijamin kendala pekerja yang belum berpengalaman dapat teratasi, bentuk dan ukuran rengginang dijamin seragam, serta renginang yang dihasilkan lebih kompak dan kokoh sehingga memperkecil rengginang yang hancur atau rusak selama penggorengan dan pemasaran. Apakah anda menghadapi masalah ini dan tertarik ingin membuktikannya ?. Hubungi kami sekarang juga.

0 komentar:

Posting Komentar