UNTUK INFORMASI & PEMESANAN HUBUNGI =

Priyanto Triwitono
0857 2904 1007

EMAIL : rengginang007@gmail.com

Whatsapp = 0857 2904 1007

Kamis, 01 Maret 2012

Alat Cetak Rengginang dan Persiapan Pensiun

Pensiun atau Purna Bhakti merupakan saat-saat yang paling tidak diinginkan kehadirannya oleh siapa saja yang bekerja sebagai pegawai, baik sebagai Pegawai Negeri maupun Pegawai Swasta. Keharusan berpisah dengan instansi tempat bekerja dan mengabdi selama puluhan tahun, sama halnya dipisahkan dengan sesuatu yang telah lama melekat dalam diri, tentu akan sangat berat untuk merelakannya. Oleh karena itu ketika seseorang mulai memasuki dan menjalankan pensiun, siapapun orangnya pasti akan merasakan sedih, gelisah, kaget, tidak siap, tidak percaya, dan perasaan lainnya.
Ketika saat pensiun tiba, ada tiga hal yang akan hilang yaitu, pertama hilangnya kegiatan rutin yang dilakukan sejak berangkat sampai pulang bekerja, kedua kehilangan teman kerja, dan terakhir hilangnya sebagian pendapatan. Berapa lama seseorang  yang baru menjalankan pensiun dapat beradaptasi dengan lingkungan baru? Jawabannya tergantung dari kesiapan diri untuk menjalankan pensiun. 
Mumpung masih aktif, mulai sekarang harus dipikirkan dan dipersiapkan. Kesiapan yang diperlukan adalah kesiapan mental dan kesiapan pengganti sesuatu yang akan hilang nanti. Oleh karena itu, sekali lagi semuanya harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum saat tersebut tiba.

Banyak instansi pemerintah, BUMN, ataupun perusahaan swasta yang memfasilitasi untuk mempersiapkan para pegawai yang akan segera memasuki pensiun dengan program-program kewirausahaan. Cukup banyak variasi kegiatan yang dilakukan dan salah satu modelnya adalah mengadakan pelatihan atau hanya sekedar kunjungann saja ke suatu industri, misalnya kerajinan, pengolahan pangan, budidaya jamur, umkm, perkebunan, dsb. Apa yang dilakukan tersebut umumnya hanya bersifat membuka mindset bahwa ada harapan baru atau kehidupan yg menjanjikan setelah masa pensiun, namun yg terpenting adalah KEBERANIAN MENGAMBIL SIKAP DAN TINDAKAN untuk menjalani hidup yang baru. Kunjungan dan pelatihan tidak akan berarti apa-apa kalau tidak berani mencoba atau mengambil tindakan. Segeralah Take Action, The Miracle will Happen !!!
Kadangkala keberanian untuk mencoba terbentur pada kesiapan investasi yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, PILIHLAH USAHA YANG TIDAK MEMBUTUHKAN INVESTASI MODAL BESAR. Usahakan investasi yg diperlukan sudah anda miliki, bisa anda kerjakan dirumah, mempunyai manfaat bagi diri anda dan sekaligus bagi lingkungan anda, sehingga apa yang anda lakukan selain mempunyai arti ekonomi bagi anda tetapi juga bermakna ibadah sebagai bekal kehidupan kita di akherat nanti. Saya yakin sekali bahwa NIAT UTAMA Bapak/Ibu yang pensiun membuka usaha bukan semata-mata karena uang, tetapi lebih kepada EKSISTENSI bapak/ibu di mata masyarakat bahwa Bapak/Ibu masih mempunyai arti dan mempunyai peran di masyarakat, disamping untuk mengisi kesibukan sehari-hari sebagai seorang pensiunan, lebih-lebih apabila Bapak/Ibu adalah type orang yang aktif - tidak bisa hanya duduk manis menjalani masa pensiun.
Pertanyaannya, adakah usaha yang seperti itu ?. Ya.... tentu saja ada. Apa yang dilakukan oleh KSM Rengginang MEKAR - binaan BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) "JATI SEJAHTERA" Kelurahan Ngelo - Kec. Cepu Kab. Blora - Jawa Tengah -sebuah organisasi masyarakat dalam pelaksanaan PNPM Mandiri ini dapat digunakan sebagai salah satu inspirasi bagi Bapak/Ibu yang akan atau sedang menikmati masa pensiun. Apa yang dilakukan dapat memberdayakan masyarakat, mensejahterakan masyarakat, dan tentu saja apabila ini Bapak/Ibu lakukan akan bermakna ibadah. Apalagi yang akan Bapak/Ibu cari selain bekal ibadah sebanyak-banyaknya. Di usia bapak/ibu yang akan atau sudah memasuki pensiun ini   semua kegiatan yang bermakna ibadah haruslah diutamakan. Apapun itu, termasuk memberdayakan masyarakat sekitar sehingga terbebas dari kemiskinan atau ketidakberdayaan, sebab kefakiran sangat dekat dengan kekufuran atau ingkar kepada Alloh. Jadi, apabila Bapak/Ibu mengentaskan mereka dari kemiskinan , berarti bapak/ibu sudah membebaskan mereka dari kekufuran, dan itu merupakan ibadah yang tidak ternilai harganya, asalkan diniati semata-mata karena Alloh.  
Kami ingin menunjukkan kepada Bapak / Ibu sebuah alat teknologi tepat guna yang insya alloh mampu mengantarkan bapak/ibu yang akan atau sedang memasuki pensiun menjadi seorang pengusaha yaitu Alat Cetak Rengginang INOVASI.  Alat cetak rengginang ini memang bukan alat otomatis, tetapi masih dioperasikan secara mannual. Tapi tunggu dulu, jangan buru-buru memvonis bahwa alat yang dikerjakan secara otomatis pasti lebih baik dari cara mannual. Belum Tentu ... !!!  Ketahuilah bahwa masyarakat UKM itu sangat beragam, dan secara umum mempunyai keterbatasan kemampuan permodalan dan ketrampilan SDM. Jadi, jangan heran kalau penggunaan alat-alat otomatis yang dalam mengoperasikannya harus mengeluarkan beaya tambahan untuk BBM ataupun Listrik umumnya ditinggalkan mangkrak - tidak digunakan meskipun alat tersebut diberikan gratis. Tidak sedikit kisah nyata tentang hal ini.
Alat cetak rengginang ini sesungguhnya hanya menyederhanakan proses pencetakan rengginang saja, sehingga proses pencetakan rengginang menjadi LEBIH MUDAH, LEBIH PRAKTIS, LEBIH PRODUKTIF, LEBIH SERAGAM, LEBIH KOMPAK, LEBIH INOVATIF, LEBIH VARIATIF BENTUKNYA, dan LEBIH MULTIGUNA -TIDAK HANYA UNTUK MENCETAK RENGGINANG SAJA. Dan berbagai manfaat lebih yang diperoleh tersebut TIDAK PERLU MENAMBAH BEAYA PRODUKSI (TIDAK PERLU BAYAR BBM ATAU LISTRIK). Itulah KEUNGGULAN ALAT INI yang saya yakini merupakan JAWABAN MENGAPA ALAT INI MASIH DIPAKAI DI UKM RENGGINANG LESTARI DI SLEMAN YOGYAKARTA sejak saya perkenalkan tahun 2003/2004 yang lalu hingga sekarang. 
Idealnya, agar alat cetak rengginang ini dapat  dioperasikan lebih optimal, alat ini lebih baik bila dikerjakan secara kelompok minimal 3 orang untuk 1 unit alat cetak rengginang (alat ini tentu saja dapat dioperasikan sendiri, tetapi menjadi tidak maksimum effisiensinya). Jumlah pekerja 3 orang tersebut rinciannya adalah 2 orang bertugas mengisi beras ketan kukus kedalam mal cetakan dan 1 orang bertugas  mengoperasikan alat cetak. Kalau pekerjanya lebih dari 3, maka kelebihan pekerja tsb bisa dialokasikan untuk pekerjaan penjemuran, pengukusan beras ketan, magemen, dan pemasaran. ATAU perlu menambah alat pencetak rengginang lagi, sehingga dapat memberdayakan mereka semuanya secara optimal. Oleh karena itu, upaya pemberdayaan masyarakat dengan membentuk usaha produktif rengginang menggunakan Alat Cetak Rengginang INOVASI ini sangat tepat, sebab mampu melibatkan dan memberdayakan banyak orang. Dan ini berarti semakin banyak membebaskan masyarakat dari kemiskinan dan Insya Alloh semakin banyak pahala yang bapak/ibu dapatkan.
Kepada Bapak/Ibu yang akan atau sedang memasuki masa pensiun, tidak perlu terlalu risau atau khawatir berlebihan. Yakinlah bahwa ada kehidupan baru setelah pensiun yaitu menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur, dan bapak/ibu pasti akan mampu melewati atau mengisi hidup di masa pensiun dengan indah, bahagia dan bernilai ibadah. Semoga bermanfaat. Salam Sukses.

1 komentar:

GUNUNG MAS PONSEL mengatakan...


PROMO BESAR BESARAN GUNUNG MAS PONSEL TEMPAT BELANJA ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA. 100% BEBAS PENIPUAN
MINAT PIN BB: 582F8501 HUB/SMS:0851-4515-5828 klik web resmi kami di http://gunungmas-phone.blogspot.com/
Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.500.000
Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy A3 A300H Rp.1.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A500F Rp.2.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.1.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.800.000.
Ready Stock! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB Rp.2.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy S3 I9300 .Rp.1.500.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy S6 32GB Rp.3.300.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.000.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Note 4 SM-N910H Rp.3.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Note 3 Rp.2.000.000
Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.000.000,
Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 l9500 Rp.1.500.000

Posting Komentar