UNTUK INFORMASI & PEMESANAN HUBUNGI KAMI=

Priyanto Triwitono
Fleksi = 0274 651 2007
IM3 = 08 5868 94 2007
Simpati = 0882 1908 2007
Smartfren = 088 216 216 777

BlackBerry Messenger
rengginang007 - PIN BB =
7F938D8A

WhatssApp = rengginang007


EMAIL : rengginang007@gmail.com

Senin, 04 Juni 2012

Kerupuk Gendar & Emping Singkong Juga Bisa !!!

Sungguh tidak terbayangkan sebelumnya. Semuanya mengalir begitu saja. Ada calon customer yang menanyakan apakah alat pencetak rengginang ini dapat digunakan untuk mencetak kerupuk gendar dari nasi?. Tidak tanggung-tanggung, customer tsb menginginkan kerupuk gendar berbentuk Donat yang berlubang di bagian tengahnya !!!
Saya tahu bahwa Customer tsb ingin menampilkan produk Kerupuk Gendar yang mempunyai bentuk Inovatif yang berbeda dengan kerupuk gendar atau karak yang telah ada di pasaran (umumnya berbentuk persegi panjang). Dengan demikian produk kerupuk Gendar tersebut akan nampak unik dan berbeda dari yang sudah ada, sehingga berpeluang besar untuk diterima pasar.
Sejenak saya merenung, tapi dalam hati saya yakin sekali bahwa alat cetak rengginang ini bersifat multiguna, sehingga dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan, karena pada prinsipnya alat ini adalah alat untuk menggencet. Tapi semua itu barulah keyakinan saya yang belum ada buktinya, dan untuk membuktikannya saya harus melakukan uji coba atau eksperimen.
Hari ini saya sudah membuktikannya. Benar menurut feeling saya bahwa alat ini memang bersifat multiguna yang dapat digunakan untuk mencetak produk selain rengginang, yaitu Kerupuk Gendar dari Nasi dan Emping Singkong. Untuk kerupuk gendar yang berbentuk persegi panjang seperti yang ada di pasaran, saya menyarankan proses pembentukannya dengan cara diiris tipis seperti cara biasanya. Sedangkan untuk bentuk-bentuk inovatif seperti lingkaran dan donat, saya belum melihat cara lain kecuali digencet dengan alat cetak rengginang multiguna ini. Seandainya dibuat lembaran dengan mesin pembuat mie kemudian baru dipotong bebentuk lingkaran atau donat, sepertinya akan menemui kesulitan di proses pembuatan lembarannya, sebab pasti akan lengket. Andaikata ditaburi tepung, sudah pasti cara ini tambah beaya produksi dan komposisi kerupuk gendarnya menjadi berubah. Jadi menurut hemat saya, dengan alat cetak rengginang multiguna inilah yang paling sederhana dan praktis.
Untuk membuat Emping singkong, saya hanya menggunakan sampel gethuk lindri yang dijual keliling. Saya hanya ingin membuktikan apakah alat ini dapat digunakan untuk membuat emping singkong ?. Dan ternyata sangat mudah, karena cukup dengan digenjet saja maka tekstur gethuk lindri yang lembek tersebut akan menyebar membentuk emping singkong dengan ketebalan rata. Dengan komponen alat berbahan plastik yg diolesi sedikit minyak goreng, alat ini mampu menjadikan singkong maupun adonan kerupuk gendar tidak lengket lagi, sehingga memudahkan proses pencetakan.
Bagaimana dengan Kerupuk Jagung ?. Wow... ini juga tantangan yang menarik. Kalau yang ini juga berhasil, tentu saja hal ini memberikan harapan baru bagi saudara-saudara kita yang potensi unggulan lokalnya adalah Jagung. Kita tunggu saja...






0 komentar:

Poskan Komentar