UNTUK INFORMASI & PEMESANAN HUBUNGI =

Priyanto Triwitono
0857 2904 1007

EMAIL : rengginang007@gmail.com

Whatsapp = 0857 2904 1007

Rabu, 07 November 2012

Aneka Cara Pembuatan Sale Pisang Goreng

Ada berbagai macam Sale Pisang di Pasaran. Kalau dicermati, sale-sale pisang tersebut diproses dengan cara yang berbeda-beda. Khusus Sale Pisang Goreng yang berbentuk tipis, pada prinsipnya ada Tiga cara untuk membuatnya, yaitu =
  1. Pisang masak diiris tipis-tipis, kemudian dijemur secara tunggal. Setelah kering kemudian dibalur adonan tepung dan digoreng. Karena ukuran pisang bermacam-macam dan tidak seragam, maka cara   ini menghasilkan sale pisang yang berukuran tidak seragam.
  2. Pisang masak diiris Tipis-tipis, kemudian disusun secara berdempetan sehingga membentuk lembaran yang cukup besar. Setelah cukup kering, lembaran ini kemudian dipotong-potong dengan ukuran tertentu, selanjutnya dibalur tepung dan digoreng. Untuk membuat sale gulung, lembaran sale dipotong dengan ukuran yang lebih besar sehingga bisa digulung.
  3. Pisang tidak diiris tipis, tetapi pisang dibelah menjadi 2-4 bagian (tergantung besar kecilnya pisang).  Selanjutnya pisang digencet dengan alat pemipih yang mempunya ketebalan tertentu, kemudian pisang gencet yang tipis tersebut dijemur tunggal atau bisa juga dibuat lembaran seperti pada cara ke-2 sampai cukup kering, dibalur tepung, dan selanjutnya digoreng. Untuk mendapatkan bentuk yang lebih rapi, biasanya dilakukan pemotongan dengan gunting setelah digoreng (lihat videonya).
Cara 1 - Pisang Diiris Tipis & Dijemur Tunggal

 
Cara 2 - Pisang Diiris Tipis & Disusun Menjadi Lembaran & Dipotong Sesuai Ukuran

Cara 3 - Pisang Digencet & Dijemur Tunggal ATAU Bisa Disusun 
Menjadi Lembaran Seperti pada Cara 2

Demikianlah beberapa cara pembuatan sale pisang goreng. Menurut hemat saya, pembuatan sale pisang dengan cara diiris tipis mempunyai beberapa kelemahan yaitu ketebalan irisan pisang relatif tidak seragam, dibutuhkan ketrampilan dalam mengiris pisang tipis-tipis (tidak setiap orang mampu mengerjakannya). 
Cara yang terbaik adalah cara ke-2 dan ke-3. Kedua cara ini dapat mengolah buah pisang dengan ukuran sale pisang yang cukup lebar dan dibuat sale dengan ukuran yang dikehendaki, meskipun buah pisang yang diolah  tidak seragam sekalipun (ukuran besar dan kecil). Namun demikian apabila mengiris tipis pisang menjadi kendala yang cukup berarti, maka cara yang paling baik adalah dengan model digencet (Cara ke-3). 
Cara ini dapat mengolah semua buah pisang dengan berbagai ukuran dan dapat dikerjakan oleh siapa saja, sebab yang diperlukan adalah proses menggencet atau mengepres saja. Berdasarkan prinsip itulah, maka perlu dikembangkan alat pengepress sale pisang dan juga produk olahan makanan sejenis lainnya, misalya kerupuk gendar ataupun emping. Beginilah wujud alat pegepres sale pisag kerupuk gedar, emping ketan, emping gethuk, dll.





Alat ini bisa digunakan untuk mengepres olahan makanan apa saja sehingga dapat meghasilkan produk akhir yg pipih atau tipis, misalya kerupuk gendar /karak nasi, emping ketan, emping gethuk, sale pisang dan lain-lain. Jadi alat ini sagat multiguna....

1 komentar:

Dzaky Dewan mengatakan...

Say juga lagi kepikiran ingin memulai bisnis seperti ini, disamping bahan bakunya dkampung saya juga banyak

Posting Komentar