UNTUK INFORMASI & PEMESANAN HUBUNGI =

Priyanto Triwitono
0857 2904 1007

EMAIL : rengginang007@gmail.com

Whatsapp = 0857 2904 1007

Selasa, 14 Mei 2013

Uji Coba Alat Cetak Unthuk Cacing , Unca atau Kue Akar Kelapa - bagian 2

Telah dikemukakan bahwa pada uji coba alat cetak Unthuk Cacing bagian 1 masih dijumpai adanya kelemahan yaitu Unthuk cacing yg dihasilkan kurang panjang seperti yang diinginkan. Seharusnya panjang kue unthuk cacing yang dinginkan sekitar 10 cm, tetapi  alat ini hanya mampu menghasilkan panjang unthuk cacing sekitar 3 cm saja. Oleh karena itu perlu disempurnakan lagi desainnya.
Pada tahap penyempurnaan ini, terpaksa harus dilakukan pembuatan desain baru. Hal ini berdasarkan tuntutan proses pada pembuatan kue Unthuk Cacing yaitu dengan menekan adonan unthuk cacing melalui suatu lubang berukuran tertentu  sehingga membentuk untaian panjang seperti unthuk cacing. Pada desain yang baru ini, adonan ditekan dengan dongkrak atau pengungkit melalui suatu lubang sehingga menghasilkan untaian panjang seperti unthuk cacing. Berikut hasil uji coba tersebut.

Kepala Cetak Stainless Steel Berlubang Dibuka

Adonan Dimasukkan Dalam Tabung

Adonan Ditekan Dengan Pengungkit / Dongkrak

Unthuk Cacing Keluar Dari Lubang Kepala Cetak

Unthuk Cacing Diambil dengan Sendok atau Centhong Plastik

Dibandingkan dengan uji coba bagian 1 , uji coba bagian ke-2 ini hasilnya lebih sempurna sesuai dengan yang diharapkan. Panjang unthuk Cacing yang dihasilkan jauh lebih panjang (bisa lebih dari 10 cm) - tergantung panjang yang dinginkan. Alat ini pada bagian yang bersentuhan langsung dengan pangan dibuat dari bahan-bahan yang aman untuk pangan, yaitu stainles steel dan plastik, sehingga para pemakai alat ini tidak perlu khawatir akan adanya pencemaran pada bahan yang diproses. Dengan demikian, desain alat pada uji coba bagian ke-2 ini nampaknya sudah sesuai dengan tuntutan proses pembuatan unthuk cacing yang seharusnya. Setelah dievaluasi segala sesuatunya, alat ini sebentar lagi siap dipasarkan untuk membantu para pengusaha kue unthuk cacing yang telah menanti-nantikan kehadiran alat ini. Demikian, semoga bermanfaat.

2 komentar:

Fathir Al-farisi Nur mengatakan...

Inspirasi nya membantu sekali dan sangat kreatif, justru untuk pemula bisnis di bidang kuliner ini sangat memudahkan mereka untuk membuatnya sesuai dengan keinginan panjang ukurannya....bravo innovator dan pencetus ide anak indonesia...to inspirasinya.

taufiqur rohman mengatakan...

Berapa harganya ke madura

Posting Komentar