UNTUK INFORMASI & PEMESANAN HUBUNGI =

Priyanto Triwitono
0857 2904 1007

EMAIL : rengginang007@gmail.com

Whatsapp = 0857 2904 1007

Sabtu, 01 November 2014

Satu Lagi Bukti : Pie Susu Juga Bisa


Alhamdulillah.... sungguh tidak terbayangkan sebelumnya kalau pada akhirnya alat cetak rengginang multiguna ini terbukti dapat digunakan untuk membantu proses produksi Pie Susu. Suatu hari ada seorang ibu dari Bali menghubungi saya dan menanyakan apakah alat cetak rengginang yang saya ciptakan itu bisa digunakan untuk mencetak Pie Susu ?. Terus terang saja pada saat itu saya belum tahu persis seperti apakah kue Pie Susu yang dimaksud dan bagaimana proses produksinya. Setelah mengumpulkan berbagai informasi tentang Pie Susu, saya berkeyakinan alat cetak rengginang multiguna ini Insya Alloh bisa..... dan sekarang keyakinan saya itu telah menjadi kenyataan.
     Pie Susu adalah kue yang memiliki cita rasa ringan dan lezat sehingga kue ini banyak digemari. Kue ini merupakan salah satu kue yang banyak diproduksi sebagai salah satu oleh-oleh khas Bali yang terkenal. Kue ini mempunyai beberapa macam variasi bentuk, misalnya bulat polos, bulat bergerigi, dan oval.  Sebenarnya tak ada resep yang benar-benar pasti untuk membuat pie susu, karena resep aslinya tentunya merupakan rahasia dapur. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna perlu mencoba dan terus mencoba sampai dihasilkan resep yang benar-benar pas, manis dan ringan. 

Bentuk Cetakan Oval Bergerigi

Bentuk Cetakan Bundar Polos

Bentuk Cetakan Bundar Bergerigi


     Secara garis besarnya, kue Pie Susu ini terdiri dari bagian Kulit dan Isian. Bahan kulit dibuat dari 150gr mentega, 2 kuning telur, 225gr terigu protein sedang (Segi Tiga Biru), 2 sdm gula halus, 3 sdm tepung maizena, dan 1/4 sdt garam. Untuk bahan isian dibuat dari 1 butir telur ayam, 4 sdm susu kental manis, 1 sdt tepung custard, 300 ml susu cair, 3 sdm gula pasir, 1/2 sdt vanili bubuk, dan 1/4 sdt garam. Pada proses pembuatannya, semua bahan kulit dicampur, diaduk dan dihomogenkan hingga menjadi adonan kalis. Adonan kalis dicetak / ditekan-tekan sepanjang dinding cetakan dengan ketebalan tertentu sampai merata. Proses ini umumnya hanya dikerjakan secara manual dengan tangan, sehingga cukup memakan waktu bila produksinya cukup besar. Proses inilah yang ditingkatkan effisiensinya dengan menggunakan alat cetak multiguna ini. Berikut sekilas tentang proses pembuatan kue Pie Susu yang diperoleh dari berbagai sumber.

Proses Membuat Kulit Pie Susu Secara Manual dengan Tangan

Pencetakan Secara Manual dengan Tangan Butuh Waktu

Kelemahan proses pencetakan kulit pie secara manual dengan tangan yaitu butuh waktu lama sehingga kurang effisien. Hal ini karena adonan harus ditekan-tekan dan diratakan dengan ketebalan tertentu sepanjang dinding cetakan pie susu. Kelemahan inilah yang dicoba atasi dengan alat cetak multiguna ini. Proses pembentukan kulit menjadi sangat praktis dan cukup sekali tekan, ketebalanya seragam, dan waktu lebih singkat. 

Letakkan Adonan Kulit Pie Secukupnya Ditengah Cetakan 

Tekan Dengan Alat Cetak Multiguna - Cukup Sekali Tekan Saja

Hasil pencetakan kulit pie selanjunya diisi dengan isi pie susu, kemudian dioven hingga matang. Selanjutnya pie susu dikemas dan siap dipasarkan.

Pie Susu Siap Dipasarkan

3 komentar:

Hanifah Ipe mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hanifah Ipe mengatakan...

Inovatif sekali Pak. Boleh tau harga alat pressnya berapa ya?

TopScore catering&Cakes mengatakan...

Cetakan seperti gambar yg pertama itu ada contohnya gak ya?thx..

Posting Komentar